Posted by : Unknown Kamis, 07 September 2017

Rawon

Siapa yang tidak mau jika setiap pergi jalan-jalan sambil mencari panganan yang menggugah selera. Di Kota Pasuruan , kota kelahiran saya, ada beberapa kuliner yang sayang jika lewatkan jika kita tidak mencobanya ketika melintasi kota ini. Diantara kuliner nya antara lain:
Rawon Sakinah

Rawon disajikan dengan sambal dari cabe dan bawang, serta tauge pendek. Tauge pendek merupakan keharusan karena tauge yang “belum jadi” ini justru masih manis rasanya. Manisnya tauge pendek dan pedasnya sambal menciptakan nuansa khas untuk rawon. Lauk pendampingnya yang juga termasuk “default” adalah krupuk udang dan telur asin. Tempe goreng garing juga cocok sebagai pendamping tambahan.
Usut punya usut ternyata rawon SAKINAH kebanggaan arek pasuruan ini menrupakan rawon rekomnedasi nya Pak Bondan winarno , pemerhati kuliner nusantara. berikut catatan kecil yang di tulis di kompas.com :

source: kompas.com
 Rawon kedua yang saya dudukkan di jajaran juara adalah olahan “Warung Sakinah” di Pasuruan. Warung ini sebetulnya juga bukan temuan baru. Sudah beberapa kali saya singgah ke warung yang sangat populer dengan sate komoh-nya. Sate komoh adalah sate dari daging sapi berukuran besar. Sebetulnya mirip empal berbumbu basah yang diakhiri dengan membakarnya sebentar di atas bara arang. Sate komoh adalah sajian khas Pasuruan dan sekitarnya. Biasanya, saya makan sate komoh sebagai lauk nasi campur.
Dalam kunjungan terakhir ke “Warung Sakinah”, saya tergoda memesan sate komoh dengan nasi plus semangkuk kuah rawon. Saya terkejut melihat kuah rawon itu datang dengan irisan daun bawang muda panjang-panjang. Semula saya pikir malah kucai karena penampangnya yang kecil. Kehadiran daun bawang muda di dalam kuah rawon itu membuatnya terasa sangat segar. Kegurihan kluweknya diimbangi dengan kesegaran daun bawang yang khas. Duh, baru sekali itu saya mencicipi kuah rawon yang sangat nyamleng. Saya menduga keras bahwa daun bawang muda itulah yang “bertanggung jawab” atas peningkatan kualitas kuah rawon.


                               Rawon Daging sapi (empal)


Rawon sate komo

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © seputar khas pasuruan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -