Posted by : Unknown Jumat, 08 September 2017

kelepon


 Kue klepon adalah salah satu jenis kue tradisional atau jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil lalu diisi dengan parutan gula merah atau gula jawa sisir dan diberi taburan kelapa parut. Kue basah ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal di mulut.
Di Sumatera dan Malaysia kue klepon yang memiliki bahan dasar tepung dan ubi ini sering disebut “onde-onde”. Hal inilah yang membuat banyak orang salah dalam mengartikan kue onde-onde dan kue kelepon. Jika dilihat dari bentuknya, kedua kue tersebut memang memiliki bentuk yang mirip yaitu sama-sama berbentuk bulat kecil. Hanya saja kue klepon memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kue onde-onde.
Pada umumnya kue klepon memiliki warna hijau yang berasal dari pewarna alami daun pandan dan daun suji. Agar lebih mudah dan praktis biasanya para pedagang menggunakan pewarna makanan yang halal dengan kualitas bagus. Namun kini kue klepon tidak melulu memakai warna hijau sebagai pewarna klasiknya. Karena saat ini banyak bermunculan resep kue klepon dengan warna-warni yang lebih menggoda. Seperti kue klepon ubi jalar, kue klepon ketan putih, klepon pelangi wijen, klepon coklat tabur keju, klepon strawberry, kue klepon bihun nenas, kue klepon labu kuning dan kue klepon tepung beras hitam.

Resep Kue Klepon Pandan Tanpa Kapur Sirih Isi Gula Merah Legit
Biasanya kue klepon ini di jual di pasar tradisional bersama dengan jajanan pasar sederhana lainnya seperti cenil, serabi, gethuk, pecel, bubur sum-sum, donat, kue awug-awug, kue khu, golang-galing, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, semar mendem, martabak kacang, onde-onde  dan masih banyak lagi. Kue klepon umumnya dijual dalam pincukan daun pisang dengan harga yang cukup murah. Mulai dari Rp 2.000.- hingga Rp 5.000.- yang berisi beberapa buah kue klepon dari ukuran kecil hingga klepon besar jumbo.
Walaupun terbilang murah, namun tak ada salahnya bila sesekali membuat resep kue klepon sendiri di rumah. Keluarga pasti suka karena rasanya yang enak dengan isian saus gula jawa yang legit. Anda bisa menyajikannya sebagai camilan ketika berkumpul bersama keluarga atau bisa digunakan sebagai kudapan di acara-acara special anda. Mulai dari hidangan arisan, ulang tahun, isian snak box, kumpul keluarga serta khajatan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © seputar khas pasuruan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -